Sunday 22 May 2011

MOTOR LISTRIK SPIDERMAN

autobloggreen.com
Spiderman menunggang "Rocket" untuk memecahkan rekor tercepat sepeda motor listrik
PETERSBURG, KOMPAS.com — Salah satu cara yang dilakukan untuk menarik perhatian publik Amerika Serikat agar makin menyukai kendaraan listrik, baik mobil maupun sepeda motor, para pencintanya mendirikan National Electric Drag Racing Association (NEDRA). Lembaga tersebut kemudian mengadakan event, balapan pemecahan rekor tercepat.
Terakhir, anggota lembaga tersebut, Lawless EV Racing Team dari Georgia, pada 30 April lalu mencoba membuat rekor baru sepeda motor listrik drag yang diberi nama "The Rocket" di Virginia Motorsports Park, Petersburg, Virgina, untuk memecahkan rekor tercepat. Kriterianya, sepeda motor dikebut untuk jarak ¼ mil atau 402 meter.
Hebatnya, agar makin menarik perhatian publik dan media, pada event pemecahan rekor kali ini sepeda motor dan pengendaranya menggunakan kostum Spiderman. Bahkan, pengendara sepeda motor yang memecahkan rekor namanya dibumbui sehingga menjadi Larry "Spiderman" McBride.
Rekor terakhir yang dipecahkan dan dirilis oleh NEDRA, kecepatan tertinggi "The Rocket" mencapai 187 mph atau 299,2 kilometer per jam dalam 7,13 detik.
Untuk mencapai waktu tersebut, dilakukan beberapa kali percobaan. Seminggu sebelumnya tim hanya bisa mencapai kecepatan tertinggi 185,46 mil atau 295,7 kilometer per jam dengan waktu 7,24 detik. Motor diset lagi, beberapa komponen diganti, termasuk software (peranti lunak), sehingga bisa mencapai waktu yang disebutkan sebelumnya.
Informasi lain, sepeda motor listrik khusus untuk drag ini beratnya 400 pon atau 181 kg. Menurut NEDRA, kemampuan sepeda motor listrik menghasilkan tenaga lebih dari 1.000 PS. Sedangkan arus listrik yang dihasilkan untuk memutar motor listriknya mencapai 4.000 Ampere.

No comments:

Post a Comment