Monday 30 May 2011

BSA 1920,EKSPERIMEN BIKIN MESIN


Tampil di ajang Classic Bike Race yang dihajat beberapa waktu lalu di sirkuit gokart Sentul, BSA side valve 500cc M20 milik Agus Unyil sempat jadi perhatan pengunjung. Itu karena diantara motor yang turun balap, ubahan mesin BSA ini paling radikal. Mengubah mesin side valve jadi OHV alias top klep.

Unyil bereksperimen mengawinkan dua tipe legendaris. Perpaduan engine BSA dan dapur pacu Norton 1928. "Karter mengadalkan BSA M20, tapi mulai dari blok sampai silinder head nempel Norton Model 18 buatan 1928," ujar mekanik bengkel Shotokaw yang buka workshop di Rempoa, Tangerang.

Uniknya blok silinder dari head Norton Model 18 yang dipakai keluaran lawas tipe OHV. Cirinya batang push rod, pelatuk dan per telanjang. Selain itu sistem pelumasan masih manual, harus ngecrotin oli sebelum mesin diaktifkan.


Mengawinkan dua mesin beda pabrikan memang butuh ketelitian. Soalnya banyak ubahan pada karter BSA. Seperti mengubah baut dudukan blok silinder yang harus disesuaikan lubang baut milik Norton Model 18.

Harus juga menambah paking blok 5 mm, agar piston enggak mentok. "Pakai setang piston Norton lebih panjang, jadi harus ditambah paking tebal," lanjut Unyil.

Brother yang bergabung di klub motor lawas Classic Bikers Batavia, Jakarta ini turun dikelas 500cc kategori mesin twin dan engkel. Saat kualifikasi terdepan. Sayang saat final, mesin sedikit bermasalah.

No comments:

Post a Comment